Image

Bappedalitbang Kabupaten Kubu Raya Mengadakan Rapat Koordinasi dan Pendampingan Pelaksanaan EPSS tahun 2024 yang diikuti oleh Kepala Bidang Litbang, Kepala dan Staff BPS Kabupaten Kubu Raya dan perwakilan Staff Diskominfo Kabpupaten Kubu Raya. Rapat diadakan pada Jumat, 3 Mei 2024 di Ruang Rapat Bappeda Litabng Lantai 2.

  

Kegiatan ini dibuka oleh Kepala Bidang Penelitian dan Pengembangan Bappedalitbang Kabupaten Kubu Raya Feri Setiyoko, S.T, M. Eng sebagai berikut 

 Tujuan Rapat Koordinasi dan Pendampingan Pelaksanaan EPSS Tahun 2024, Koordinasi dan evaluasi serta penyusunan strategi antara TPI dan BPS melalui penyusunan timeline pelaksanaan penilaian mandiri EPSS 2024, penguatan koordinasi antara Bappedalitbang, Diskominfo, dan Perangkat Daerah melalui pembagian peran, arahan dan Pendampingan dari BPS terkait teknis penilaian mandiri melalui SIMBATIK, persiapan koordinasi dengan Perangkat Daerah sebagai lokus terpilih dalam pelaksanaan EPSS 2024

Evolusi Penyelenggaraan EPSS Kubu Raya:

Penyelenggaraan EPSS 2022 merupakan uji coba, berdasarkan surat sekretaris utama Badan Pusat Statistik nomor B-76.c/02000/ES/06/2023 tanggal 16 Juni 2023, hasil Uji Coba EPSS Kubu Raya 2023 adalah 1,79 dengan predikat KURANG, Penyelenggaraan EPSS 2023, Kabupaten Kubu Raya memperoleh hasil IPS lebih rendah dari hasil uji coba pada tahun sebelumnya, yaitu 1,29, dengan predikat KURANG. Penilaian EPSS meliluti 5 domain, 19 aspek, dan 38 indikator.

Recana tindak lanjutnya, koordinasi antara Diskominfo, Bappedalitbang dan Perangkat Daerah yang menjadi lokus terkait pembagian peran dalam pelaksanaan penilaian mandiri, penyusunan timeline pelaksanaan penilaian mandiri EPSS sesuai dengan pembagian peran, dan pendampingan dan pengarahan dari BPS selaku Tim Pembina Statistik Sektoral selama proses penilaian mandiri melalui aplikasi SIMBATIK.

Kemudian dilanjutkan dengan paparan yang disampaikan oleh kepala Badan Pusat Statistik Kubu Raya Suwandi, S.E, M.M sebagai berikut:

 

Target nilai tahun ini adalah 2,60. Jika kurang dari itu makan akan mendapatkan teguran, SK tim penilai internal evaluasi penyelenggaraan statistik sektoral di lingkungan pemerintah kabupaten kubu raya tahun 2024 semoga secepatnya akan segera selesai, EPSS kedepannya akan dilakukan ke seluruh Perangkat Daerah dan akan menjadi indikator makro untuk Perangkat Daerah, serta Sesegera mungkin melakukan pertemuan dengan Perangkat Daerah sebagai lokus (DP2AKB dan Dinas Kesehatan)

Kemudian dilanjutkan dengan paparan yang disampaikan oleh peserta rapat sebagai berikut :

 

Kepala Seksi Pengelolaan Data dan Statistik Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Kubu Raya sebagai berikut:

Perlu pelatihan untuk anggota Tim Penilai Internal, data yang akan menjadi sampel untuk penilaian EPSS dari Perangkat Daerah perlu dilengkapi oleh data pendukung. Dimana data dukung tersebut, perlu dinilai dan dilakukan pendampingan dengan Tim penilai Internal dan perlu pendampingan pada tanggal 6 Mei 2024 di BPS Kubu Raya;

Statistisi Ahli Muda Badan Pusat Statistik Kubu Raya Adi Rakhmat sebagai berikut:

Data yang dinilai pada EPSS tahun 2024 adalah data pada kegiatan yang telah selesai pada tahun 2023, ada kemungkinan dirubah judul data yang telah diajukan apabila dinilai kelengkapannya masih kurang, Pada tahun 2023, ada 5 kegiatan yang telah mendapat rekomendasi statistik. Jika sudah mendapatkan rekomendasi statistik akan menambah nilai tambah;

Statistisi Ahli Pertama Badan Pusat Statistik Kubu Raya Tika Nur Anggraheni sebagai berikut:

supervisor dapat mengubah bukti dukung yang telah dibuat oleh Perangkat Daerah, pada tahun 2023 nilai EPSS Kubu Raya menurun karena tidak mengunggah bukti dukung, admin Instansi dapat melihat hasil operator dan supervisor. namun yang dapat mengubah hanya supervisor.

Menimbang masukan dari peserta rapat koordinasi ini, maka akan dilakukan rapat koordinasi dengan  Perangkat Daerah sebagai lokus (DP2AKB dan Dinas Kesehatan), namun akan dilaksanakan secara terpisah dan rencananya akan dilaksanakan pada tanggal 7 Mei 2024.