ImageGambar: Bidang PPID Kab. Kubu Raya
Koordinasi atau Konsultasi Pemerintah Daerah Kabupaten Sanggau terkait Simpul Jaringan Informasi Geospasial Daerah Kabupaten Kubu Raya

Koordinasi atau konsultasi Pembahasan terkait Simpul Jaringan Informasi Geospasial Daerah Kabupaten Kubu Raya dihadiri oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Sanggau (17/08/2022). 

Terkait geoportal yang telah di bangun seluruh data yang ada di Produksi data sudah membangun komitmen semua data sudah terintegrasi semua data menjadi tupoksi perangkat daerah dengan data yang mungkin terbatas dan tertutup perangkat daerah yang mengatur Kami hanya mengumpulkan data untuk kebijakan Dan paradigma baru banyak sekali tantangan dalam Pengembangan kesulitan mengumpulkan data dari semua perangkat daerah Sejak digital data semua terekam secara sistem.

"Apakah instansi vertikal menjadi produsen data pada geospasial Kubu Raya, kemudian Pembina Data geospasial pada struktur kelembagaan di SJIGD Kabupaten Kubu Raya seperti apa?" tanya Kepala Bappeda Kabupaten Sanggau.

"Pembina Data geospasial di Kubu Raya dijabat oleh Bupati Kubu Raya, kemudian instansi vertikal juga menjadi produsen data harus melakukan MoU dengan Pemerintah Daerah agar data yang mereka hasilkan dapat terpublish di geoportal Kubu Raya. Pemerintah Kabupaten Kubu Raya terbuka untuk semua kalangan dalam melakukan produksi data spasial di Kubu Raya, SJIGD Kabupaten Kubu Raya menjadi garda terdepan dalam mengkliring data yang dihasilkan agar bisa disatupadukan" tutur Amini Maros (Kepala Bappedalitbang Kubu Raya).

"Terkait sistem sebenarnya semua daerah sudah mendapatkan aplikasi palapa secara gratis namun beberapa kendala, sehingga Kabupaten Kubu Raya tidak menggunakan sistem ini namun menggunakan platform Geonode. Sehingga kami tidak hanya menghendaki untuk pengumpulan data namun bagaimana data bisa di satu padukan. BIG bersedia mengalokasi server nantinya data server kami terintegrasi dengan pusat. Harapannya  sistem bisa di akses dengan keterbatasan yang saat ini sering dihadapi" timpal Feri Setiyoko (Koordinator Sekretariat SJIGD Kubu Raya).

“Pemerintah Kabupaten Sanggau terutama Dinas Perumahan Cipta Karya Tata Ruang dan Pertanahan, DInas Kesehatan dan Dinas Sosial yang menjadi produsen data selalu menyajikan data yang berkualitas namun terdapat permasalahan pada anggaran dan tenaga teknis serta terdapat perbedaan data yang tidak akurat” imbuh Sekretaris Dinas Perumahan Cipta Karya Tata Ruang dan Pertanahan Kabupaten Sanggau.

Kabid Layanan E-Government Diskominfo Kabupaten Kubu Raya menyatakan "Penyelenggaraan Informasi Geospasial di Kabupaten Kubu Raya dilaksanakan dengan dukungan semua Perangkat Daerah di Kubu Raya. Data yang dihasilkan dilakukan kliring data terlebih dahulu oleh Sekretariat SJIGD agar data yang dihasilkan oleh Perangkat Daerah mudah dibagipakaikan serta terjaga kualitas datanya. Diskominfo selaku unit pengelola dan penyebarluasan akan melakukan publish data yang sudah disetujui oleh produsen data. Seluruh data di geoportal sifatnya terbuka sehingga akan terintegrasi dalam portal open data. Sejauh ini pada Ekosistem Data yang dikelola oleh Diskominfo selaku walidata SDI tingkat Daerah, masih memprivatekan beberapa data sehingga masih ada data yang tertutup".